Sabtu, 19 Agustus 2017

Lebih Bagus JNE atau J&T ??? ini jawabanya

Oke Juragan.
Kali ini saya akan membahas seputar jasa pengiriman expedisi yg paling banyak ditanyakan
Dan yg paling sering dipakai oleh orang - orang
Yakni antara. JNE dan J&T
Banyak diantara kita sering bingung memilih jasa expedisi yg cepat dan murah untuk mengantarkan paket kita. Baik untuk keperluan belanja online atau sekedar kirim paket untuk saudara yg ada diluar kota.

di indonesia munkin masyarakat sudah tidak asing dengan jasa pengiriman paket JNE.
Ya karna JNE memang sudah lama berkecimpung di dunia jasa pengiriman paket.
Dan sekarang ada jasa pengiriman baru yg berna J&T.
Munkin bagi sebagian orang J&T agak asing ditelinga. Karna J&T memang masih baru dlm dunia expedisi pengiriman paket.

Dan kali ini saya akan membahas secara detil kelebihan dan kekurangan dari kedua jasa pengiriman tsb.

Saya pribadi adl seorang seller toko online yg memang tiap hari harus mengirimkan barang pesanan Customer saya.
Saya membebaskan customer untuk memilih jasa expedisi apa yg mau dipakainya dan saya memberikan opsi mau pakai JNE atau J&T .
Dan saya jg sering belanja online jg untuk membeli barang.2 keperluan dirumah.
Mulai dr peralatan elektronik. pakaian dll.

Saya sendiri kalau untuk mengirim barang dagangan saya lebih suka pakai J&T karna lebih cepat sampai
Tp kalau untuk menerima atau membeli barang saya lebih suka pakai JNE karna lebih murah.

Nah berikut perbandinganya.
1.HARGA
JNE lebih menawarkan harga yg kompetitif dibanding J&T.
Karna JNE mempunyai berbagai macam service untuk pilihan pengirimnya.
Contoh
Servise YES (YAKIN ESOK SAMPAI)
Service REG (Regular)
Service OKE (ekonomis)
Service JTR (jne trucking untuk paket di atas 10KG)
Kita bisa menyesuaikan dengan budget kita untuk memakai service yg mana karna ada 3 pilihan layanan. Mulai dr yg paling mahal sampai yg paling murah
Sdangkan untuk J&T hanya punya 1 Service yaitu
Service EZ (expres)
Jadi kita tidak punya pilihan lagi karna cuma 1 pilihan.


2.KECEPATAN
Memang akhir akhir ini semenjak artikel ini di buat harus di akui J&T memang sedikit lebih cepat di banding JNE.
Saya jg tidak tahu dr faktor apa yg menyebabkan JNE agak sdikit lebih lambat di banding J&T.
ketika saya mengirimkan paket dr Surabaya ke makasar. JNE butuh 4 Hari untuk sampai ke Alamat penerima dan ketika saya Kirim ke alamat yg sama J&T Butuh 3 Hari untuk sampai ke alamat penerima.
Ini ada selisih 1 hari antara JNE dan J&T.
Service yg saya gunakan JNE adl REG. sedangkan J&T adl EZ.

3. TRACKING
Ketika kita berbelanja online Kita pastinya selalu memantau pesanan atau paket kita kan?? Nah untuk sistem tracking nya J&T dan JNE sama sama jelas..
Aluar paket kita status nya masih dimana??
Mulai dr barang dikirim sampai barang diterima keduanya sama jelas statusnya. Mulai dr Transit. Sampai tiba di warehouse dan sudah delivery kurir semuanya sama jelas !! Jadi kita bisa pantau via online dan semuanya sudah sama sama menyediakan aplikasi untuk mengecek via resi pengiriman.


4.PACKING.
Nah.  Ini point yg paling penting.. packing adalah faktor yg paling penting pada sebuah pengiriman paket.
Dan untuk point ini saya lebih menyukai packing dr JNE.
Karna JNE selalu memberikan tambahan plastik pada setiap paket yg dikirim.
Jadi paket masih di cover plastik dibagian luar agar aman dr benda cair atau yg lain. Meskipun packing dr pengirim tidak begitu bagus
Dan kita jg bisa minta agar di PACK KAYU untuk extra keamanan. Untuk barang.2 yg mudah pecah atau yg mudah rusak seperti peralatan elektronik. Atau HP atau barang.2 yg mudah pecah lainya
Beda dengan J&T yg cuma memberikan Plaster atau lakban berlabel J&T saja pada setiap paketnya. Jadi barang yg dikirim harus memang bener.2 rapi dr pihak pengirim. Demi keamananya.

Nah itu tadi point point penting dr kedua jasa pengiriman paket tsb. Ini berdasar pengalaman saya sebagai pengusaha online dan ketika berbelanja online.
Semoga artikel ini bisa membantu agan agan sekalian yg mau belanja online atau hanya sekedar ingin mengirim barang saja.
Jika masih ada pertanyaan mengenai kedua jasa tsb silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar dibawah ya.



29 komentar:

  1. Mau nanya gan, kalo paketan dari jakarta barat ke malang berapa hari kira-kira ya?
    VIA J&T

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalamanan saya untuk paket ke malang akhir2 ini lebih cepet jne bang, bahkan jne yg eko lebih cepet daripada j&t. Karena bulan2 ini shopee ada promosi gratis ongkir besar2an lewat j&t jadi j&t sekarang lbh lambat (5 hari) daripada jne (4 hari)

      Hapus
    2. benar j&t akhir2 ini parah lambatnya, masih cepat JNE

      Hapus
  2. jne lambat tapi j&t lebih lambat

    BalasHapus
  3. saya baru pertama kali pake J&T, paket malah terlampau lama, reguler yg biasanya estimasi 3-4 hari, ini malah udh lewat 5 hari.
    JNE menurut sy masih recommended

    BalasHapus
  4. saya kirim paket dr ponorogo ke cirebon sudah lewat 3 hari tp masih stuck d madiun. đŸ˜¤pengalaman saya sering belanja online jnt sih lebih cepat.

    BalasHapus
  5. Jangan pakai jnt.
    Tidak bagus sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kog unknown? Biasanya yg 100% ngejelekin malah yg tabur fit nah.. Aneh.

      Hapus
    2. Kenyataannya J&T memang parah. Barabg saya 2 hari stuck gak gerak2

      Hapus
    3. Kenyataannya J&T memang parah. Barabg saya 2 hari stuck gak gerak2

      Hapus
    4. BENAR SEKALI. PENGALAMAN SAYA J&T LEBIH LAMBAT KIRIM PAKETNYA DIBANDING JNE. JNE RECOMMENDED.

      Hapus
  6. Saya mau buka agen, kira" dari sudut pandang agan mana yang akan lebih menguntungkan?

    BalasHapus
  7. JNT LEBIH MAHAL DAN LEBIH LAMBAT DARI JNE PADAHAL SESAMA JAKARTA

    BalasHapus
  8. Biasa pake JNE lebih save, cepet & praktis, pertama kali pake J&T barang nyasar, ngurusnya ribet, malah saya yg disalahin. So, kapok dg J&T

    BalasHapus
  9. saya dulu kirim lewat POS INDONESIA malah hilang.
    sejak saat itu saya kirim lewat JNE JNT atau Wahana.

    meski wahana itu lama. tapi pasti nyampek

    BalasHapus
  10. Mau nanya dong pengiriman JNT Xpres untuk garut-sukaraja, bogor butuh berapa hari ya

    BalasHapus
  11. kalo biasanya dari jambi ke bali brp hari gan?

    BalasHapus
  12. jabodetabek lebih cepet jne reguler ketimbang Jnt. Jne reguler mostly sampe dalam 2 hari, pengalaman ane kirim sore hari besoknya malah udah sampe. Jnt selalu butuh 3 hari padahal jabodetabek doang.

    BalasHapus
  13. Setujuuu.. J&t parah. Sesama Jakarta padahal tgl 25 mei barang sudah di dc daerah rumah sampe tgl 29 barang ngak di kirim2. Mau diambil langsung ngak bisaaa..
    Ngak recommend. Mending jne atau sicepat

    BalasHapus
  14. Saya sudah pernah nyoba ke 2 ekspedisi ini. JNE lancar dan cepat diterima.Sampe saat ini tak pernah ada kalian. Agennya pun sopan. Nah kalo J&T,parrrah abis leletnya.Baru sekali pake jasa J&T saya langsung kecewa . Barang di drop beberapa hari baru dikirim. Lewat dari estimasi yg seharusnya. Agennya pun ketika ditanyain ttg status paket kita, eh malah ngk terima. Dikepri JNT Tanjungpinang paling parah. Superl lelet...

    BalasHapus
  15. Pengalaman pakai jne dan j&t sama2 cepet sih. Cm seringnya pake j&t klo beli di olshop (shopee). Sesama semarang hari ini kirim besok sampe, bahkan pernah kirimnya pagi jam8 sorenya sudah sampai. Beli onlen dr surabaya/sekitarnya ke semarang hari ini kirim besoknya sudah sampai. Dari solo juga sama. Kalau dr jakarta, bandung ke semarang butuh waktu 2-3 harian. Recommended

    BalasHapus
  16. Mau tanya pick up j&t berapa lama y ?

    BalasHapus
  17. Kak untuk barang pecah belah mendingan pake jasa JNE atau J&T supaya aman?

    BalasHapus